Berbagi pengetahuan seputar internet, sosial media, tutorial blogging, tentang teknologi, serta pengetahuan lainnya

5 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Lemot



Handphone Android sekarang sudah bisa melakukan apa yang diinginkan oleh penggunanya. Mulai dari cek email masuk, menonton video, membuka medsos, mendengarkan musik dan masih banyak lainnya. Namun hal yang paling tidak kita inginkan yaitu Android kita lemot. 

Namun bagi kalian yang mempunyai Android yang lemot, disini saya akan berbagi caranya agar Android anda normal kembali.



5 Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Berikut beberapa caranya dan sudah saya buktikan sendiri bahwa cara ini memang berhasil mempercepat Android saya.

1. Terlalu Banyak Widget Android

Kita mulai dari cara yang sederhana. Widget memang membuat tampilan Android terlihat menarik dan menjadi jalan pintas agar cepat membuka aplikasi yang kita inginkan. Namun, tahukah kamu jika terlalu banyak widget akan membuat Android kamu menjadi lambat karena penggunaan RAM yang semakin besar.
Oleh karena itu, mengurasi widget adalah cara sederhana mencegah agar Android anda tidak lemot. Hapus saja widget yang tidak penting dan tidak terlalu penting, contohnya widget cuaca, widget game dan lain semacamnya. Buatlah widget yang sederhana.

2. Restart Android

Ini adalah metode yang mudah dilakukan. Dengan merestart Android maka semua aplikasi yang tadinya aktif akan berhenti. Dan kita Android kamu aktif lagi maka kecepatannya akan kembali normal

3. Kapasitas Memori Yang Rendah


Setiap handphone Android memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Tidak hanya RAM, kapasitas memori internal juga berpengaruh terhadap performa Android. Oleh karena itu hindari menyimpan banyak data hingga memenuhi memori internal. 

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Ini masih berhubungan dengan poin ke 3. Jika penyimpanan Android sudah penuh, maka kerja Android akan melambat. Maka dari itu, kamu harus memilih aplikasi mana yang memang harus diaktifkan dan dinonaktifkan.
Jadi, download lah aplikasi yang memang perlu bagi Anda. Dan jika sudah terlanjur Anda dapat menghapus Aplikasi yang memang tidak Anda perlukan. Karena terlalu banyak Aplikasi akan membuat kinerja Android Anda melambat.

5. Melakukan Factory Reset

Semua cara tersebut tidak ampuh dan Android Anda masih lelet? Maka langkah terakhir yaitu dengan melakukan Factory Reset.

Factory Reset yaitu mengembalikan semua aplikasi Anda seperti pengaturan awal atau pengaturan pabrik saat awal pertama kamu beli. Namun kamu harus memindahkan dahulu kontak nama ataupun aplikasi lainnya kedalam memori eksternal Anda karena semua data di Android akan hilang.

Setelah Aplikasi yang penting sudah Anda simpan di memori eksternal Anda, Anda cabut terlebih dahulu memori eksternal itu, sebelum melakukan factory reset.
Cara melakukan factory reset yaitu, buka PENGATURAN > CADANGAN DAN RESET > RESET DATA PABRIK > RESET PERANGKAT. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit.

Itu adalah 5 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Lemot. Jika artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman Anda. Sekian dan terimakasih

Silahkan berkomentar yang membangun. Terimakasih!

Tekan untuk berkomentar