Berbagi pengetahuan seputar internet, sosial media, tutorial blogging, tentang teknologi, serta pengetahuan lainnya

Pengaruh Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging


Kita sudah tahu, bahwa media sosial adalah hal fenomenal di abad ini. Jumlah penggunanya setiap tahun semakin meningkat. Penggunaan media sosial ini memang begitu luas.

Banyak blogger yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi untuk menaikkan popularitas blognya. Apakah benar media sosial bermanfaat dalam kegiatan blogging? Berikut ulasannya :



Membantu atau tidak?

Membantu atau tidak, itu menjadi persoalan didalam diri sendiri. Jika mempunyai blog yang artikelnya berguna,bermanfaat, maka media sosial membantu kita untuk menaikkan popularitas blog kita.

Namun jika blog yang di share di media sosial adalah blog yang tidak berguna, blog yang mengandung hal negatif, maka media sosial tidaklah membantu. 

SEBENARNYA media sosial sangatlah membantu dalam kegiatan blogging. Terutama untuk meningkatkan popularitas dan menambah pengunjung ke blog kita.Namun kita harus tetap berhati hati dalam mendapatkan pengunjung.

Berhati-hati disini maksudnya, apabila kia share blog kita ke media sosial dan mendapatkan banyak komentar, maka kita tidak boleh hilang fokus saat sedang membuat konten lain.Terkadang beberapa blogger hilang fokus saat mereka sedang bermain sosial media. Terutama saya, hehehe . . .

Namun, bagi saya media sosial sangatlah membantu. Kenapa? Baca ulasan berikut :

1. Blog Anda Akan Lebih Dikenal

Kita tentu ingin blog kita dikenal banyak orang, apalagi bagi blogger baru. Pasti membutuhkan media untuk memperkenalkan blognya agar banyak pengunjung. Para pengguna internet pasti memiliki akun di sosial media. Cara efektif untuk memperkenalkan blog Anda yaitu dengan memperkenalkannya ke Twitter, Facebook, Google+ dan lain-lain.

2. Mempromosikan Konten Di Blog

Walaupun blog Anda sudah dikenal orang lain, akan tetapi belum tentu konten yang didalamnya dikenal. Kita perlu mempromosikan konten yang ada didalam blog agar dibaca oleh orang banyak. 

3. Mengarahkan Pembaca Ke Blog Anda

Media sosial sangat efektif untuk mengarahkan trafik ke blog. Kita juga pasti berharap mendapatkan trafik gratis dari search engine Google. Tapi, untuk mendapatkan trafik dari mesin google, Anda harus memiliki SEO yang baik dihalaman pertama hasil pencarian Google. Dengan memasang link blog kita ke media sosial akan memudahkan pengunjung untuk lebih mengenal blog Anda.

4. Meningkatkan Rank Blog

Sekali lagi, situs-situs media sosial dapat memberikan link yang berkualitas kepada situs Anda. Link ini sangat membantu untuk meningkat posisi ranking blog Anda di mesin pencarian Google. Dan akan mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin pencari, terutama Google.

Kesimpulan

Membantu atau tidaknya media sosial itu tergantung pada diri kita sendiri. Oleh karena itu, jika Anda blogger, pergunakanlah sosial media dengan sebaik-baiknya. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Silahkan berkomentar yang membangun. Terimakasih!

Tekan untuk berkomentar