Berbagi pengetahuan seputar internet, sosial media, tutorial blogging, tentang teknologi, serta pengetahuan lainnya

7 Usaha Online Menjanjikan Tanpa Modal Besar



Perkembangan bisnis di Indonesia semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi, pengguna internet, dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini. Terutama pertumbuhan bisnis sangat terlihat mencolok pada bidang bisnis online.

Untuk itu, setiap orang pasti mencari peluang usaha dengan modal kecil dan penghasilannya besar, maka usaha online adalah jalannya. Apalagi internet sudah merata ke seluruh wilayah. Hal ini menjadikan bisnis online semakin menggiurkan dibanding bisnis offline.

Bagi pemula, bisnis online sangat membingungkan. Namun, jika Anda peka terhadap lingkungan dan menggali informasi dari berbagi media, pasti Anda akan menemukan sebuah titik terang. Oleh karena itu artikel ini akan membahas 10 usaha online menjanjikan tanpa modal besar menurut Atinsihombing. Berikut ulsannya :

1. Menjual Jasa Menulis/ Membuat Konten Website

Jika Anda pintar dalam hal menulis, tidak ada salahnya menjadi penulis artikel freelance. Banyak blog yang membutuhkan konten artikel setiap hari untuk di posting. 

Konten website bisa dalam bentuk tulisan, video, gambar dan logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Ada banyak pemilik website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki keahlian dalam membuat konten, logo, video, dan gambar untuk website dan bisnis mereka.


Bagaimana cara menawarkan jasa Anda? Anda bisa menawarkannya di beberapa situs ini :
  • OLX
  • Facebook
  • Kaskus
  • Ads.id

2. Menjual Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang seni grafis, Anda bisa mencoba menjadi desain grafis freelance. Cukup hanya bermodalkan laptop atau komputer dan skill desain, Anda sudah bisa mendapatkan uang tambahan dari sekali desain saja. 

Cobalah menawarkan jasa Anda melalu beberapa situs di bawah ini :
  • Sribu.com
  • Project.id
  • Dan lain-lain

3. Menjual Jasa Pembuatan Website

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website ataupun blog. Tak perlu mempunyai keahlian yang sangat hebat karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Awalnya memang merasa kurang mampu dalam menjalankannya, namun jika sudah terbiasa dalam menjalankannya, calon pembeli tidak akan ragu/ berfikir lama untuk membeli jasa Anda. Sebelum menjual jasa Anda, perlu di perhatikan kita juga harus memiliki website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Anda bisa mendapatkan calon klien di situs berikut :
  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id

4. Menjadi Penerjemah

Anda ahli berbahasa asing? Menjadi translator/ penerjemah adalah cara yang bagus dan menjanjikan bagi Anda. Di era modern seperti ini, banyak perusahaan Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan asing, oleh karena itu banyak dokumen yang perlu di terjemahkan.

Banyak perusahaan yang tidak memiliki penerjemah fulltime. Tentu inilah peluang Anda. Anda bisa menawarkan jasa Anda terlebih dahulu kepada teman atau kerabat Anda. 


5. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun menggunakan nama pribadinya. Bisa dibilang ini adalah pilihan paling mudah. Anda hanya cukup melakukan ini :
  • Temukan barang yang akan dijual
  • Buat akun di situs penjualan
  • Buat akun sosial media
  • Promosikan produk yang akan Anda jual

Bisnis ini tidak akan merugikan karena tidak perlu memikirkan konsep bisnis, tak perlu repot mencari produk, dan bisa menjual produk dengan harga selisih tertentu. Namun harus dipastikan, produk tersebut memang berkualitas.

6. Menjadi Blogger

Membuat blog sekarang sudah sangat muda bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Bisnis online ini sudah sangat banyak orang yang mengerjakannya. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan tinggi dari blog yang ia bangun.


Menjadi blogger, apakah bisa menghasilkan uang? Dari mana penghasilan pemilik blog tersebut?

  1. Mengikuti program PPC ( Pay Per Click )
    Dari Indonesia layanan ini seperti Kumpul Blogger dan Klik Saya ataupun mengikuti layanan serupa dari Google yang banyak disebut sebagai Google Adsense. Uang yang dihasilkan dari PPC ini, yaitu berapa jumlah pengunjung yang meng klik iklan yang Anda di blog Anda. Google Adsense bisa $1 perkliknya. Bayangkan jika ada 100 pengunjung yang mengklik iklan di blog Anda.
  2. Menyediakan Space Iklan
    Menyediakan space iklan di blog tentunya harus banyak pengunjung yang mempunyai blog yang menyediakan jasa iklan tersebut. Metode yang dilakukan adalah dengan menentukan kapasitas space dan pembayaran pemasangan iklan dilakukan setiap sebulan sekali.
  3. Afiliate marketing
  4. Paid Review
  5. Guest Post

7. Menjadi Youtuber

Youtuber juga sebenarnya publisher. Hanya saja dalam peluang bisnis online tanpa modal sebagai youtuber konten yang dipublikasikan berbasis video, bukan tulisan. Anggap saja Anda mengelola sebuah program televisi.

Semakin banyak video yang Anda bagikan dan video tersebut bagus, maka akan memperbesar kemungkinan untuk orang mengunjungi chanel Anda dan menonton video Anda. Semakin banyak penonton, maka semakin banyak iklan muncul, dan semakin banyak dollar yang Anda hasilkan.


Penutup

Dalam menjalankan bisnis apapun, catatan keuangan sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya catatan keuangan Anda akan mengetahui berapa pendapatan Anda. Sekian artikel tentang 7 usaha online menjanjikan tanpa modal yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Silahkan berkomentar yang membangun. Terimakasih!

Tekan untuk berkomentar