Berbagi pengetahuan seputar internet, sosial media, tutorial blogging, tentang teknologi, serta pengetahuan lainnya

Mau Jadi Blogger? Mulai Aja Dulu !


Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips-tips menjadi blogger pemula. Sebagai blogger pemula tentu kita sangat biasa melakukan sebuah kesalah besar dalam dunia blogging. Awalnya hanya kesalahan kecil, namun jika di lama lamakan dan tidak dihindari makan akan menjadi sebuah masalah yang cukup besar.

Tips-tips Blogger Pemula

1. Jangan Sering Mengganti Template

Pada saat pertama saya ngeblog, saya sering menggonta-ganti template sesuai yang saya inginkan. Pertama-tama saat saya belum tau tentang adanya penyedia template gratis ataupun berbayar, saya menggunakan template yang sudah disediakan oleh blogger sendiri.

Lama-kelamaan saya mulai mencari referensi template blogger di Google, dengan berharap pengunjung akan suka dengan template tersebut. Tapi semua berjalan tidak seperti yang saya ingingkan.

Kemudian saya mencari di google tentang template yang semestinya. Banyak penyedia template gratis maupun berbayar. Kemudian saya gunakan template yang saya suka yang sudah saya download lalu saya pasang di blog saya.


Jadi jangan sering mengganti template karena itu akan berpengaruh besar terhadap blog Anda. Template memang tidak begitu berpengaruh, apabila artikel Anda bermanfaat dan bagus.

2. Ngeblog Yang Tidak Terarah

Awal saya memulai blog saya hanya ingin menulis yang sesuatu yang telah saya dapatkan dan menaruhnya di blog ini agar orang lain juga mendapatkan sesuatu yang baik dari saya. Tapi saya salah. Saya mulai merubah cara pandang saya dan saya merubah blog saya sebagai penyalur ilmu pengetahuan.

Saya menuliskan artikel yang mungkin penting bagi pengunjung saya, dan saya tidak mau ngeblog tanpa tujuan. Walaupun banyak yang bilang ngeblog bisa menghasilkan uang. Ya tapi saya belum berfikir sejauh itu.


3. Jarang Post Artikel

Kebanyaan dari kita disaat awal awal membuat blog kita rajin membuat artikel yang mungkin bisa di post 5 artikel dalam sehari. Namun, hari berganti hari kita juga semakin malas menulis, begitu juga yang saya alami. Salah satu faktor yang membuat jarang post artikel adalah :
  1. Malas Menulis
  2. Kurangnya Ide/Gagasan/Pengetahuan
  3. Tidak ada Inspirasi
Jadi bagi Anda yang jarang update artikel, rubahlah cara pandang tersebut.

4. Kurang Belajar Tentang SEO

SEO adalah Search Engine Optimization atau metode untuk mengoptimisasi blog/website agar dapat muncul di daftar mesin pencari, seperti Google, Yahoo Search ataupun Bing. Saya juga tidak terlalu memahami tentang SEO walaupun banyak yang berkata blog tidak akan maju tanda Anda belajar SEO untuk blog Anda.

Sikit sikit saya mulai belajar SEO yang walaupun kadang ngerti kadang tidak. Hehehe. SEO berpengaruh terhadap banyaknya pengunjung blog Anda. Dengan begitu saya belajar SEO secara sendiri/otodidak. 

Jika bagi Anda SEO sangat perlu mulailah belajar SEO. Beragam referensi telah tersedia yang bisa Anda contoh.

5. Tidak Sabar

Sabar. Mudah dikatakan, sulit dilakukan. Padahal kesabaran dalam ngeblog adalah kunci keberhasilan untuk membuat blog Anda sukses. Tidak ada yang instan walaupun Anda berjuang dengan sangat keras, semua butuh proses.

Bersabalah dalam blogging, karena tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jangan pernah berambisi untuk menghasilkan uang dari blog. Jika Anda memang ingin blog Anda menghasilkan uang ingat satu pesan, Work Hard Pray Hard. 

Jangan takut jadi blogger. MULAI AJA DULU!

Silahkan berkomentar yang membangun. Terimakasih!

Tekan untuk berkomentar